Cara mengaturspasi tulisan pada Microsoft word adalah hal yang penting dan perlu dilakukan. Terlebih lagi ketika anda membuat tugas akhir atau skripsi. Biasanya ada aturan dan syarat tertentu yang harus dipenuhi diantaranya yaitu spasi antar kalimat atau antar paragraph. Pada pembahasan BAB Microsoft word yang telah lalu kita telah membahas banyak pengaturan pengaturan yang perlu dilakukan saat membuat tulisan, seperti :
- Cara mengatur jenis dan ukuran kertas
- Cara mengatur margin tulisan pada Microsoft word
Pada kesempatan kali ini kita akan lanjutkan dengan membahas bagaimana cara mengatur spasi di microsoft word pada saat kita membuat tulisan baik artikel, makalah atau karya ilmiah.
Cara mengatur spasi di microsoft word 2010
Kebetulan yang saya pakai di sini adalah Microsoft word 2010, untuk anda yang memakai seri lain seperti office 2007 atau yang lain tidak perlu khawatir. Caranya tidak jauh berbeda. Oke langsung saja kita mulai.
1# - Cara mengatur spasi antar baris di microsoft word
Siapkan dokumen Microsoftword anda yang sudah berisi tulisan dengan jumlah paragraph lebih dari satu.
1. Buka dokumen tersebut pada lembar kerja Microsoft word.
2. Pada toolbar mernu select menu Home dan klik pada menu Line & Paragraph Spacing
3. Untuk mencobanya, block pararaf pertama dan kemudian klik line & Paragraph Spacing kemudian pilih spasi yang di inginkan. Di sini saya pilih spasi 2.o atau double
4. Hasilnya, jarak antar baris pada paragraph pertama berubah menjadi 2.0
Sangat mudah sekali kan, begitulah cara mengatur spasi antar baris pada tulisan yang kita buat di Microsoft word. Untuk mengatur seluruh tulisan anda tinggal mengeblok seluruh tulisan sebelum anda atur spasinya.
Cara mengatur spasi antar paragraf di Word
Mari kitalanjutkan pembahasan dengan mengatur spasi antar paragraph dalam sebuah tulisan. Caranya dapat kita lakukan manual yaitu dengan menekan Enter pada keyboard. Atau anda juga bisa mengaturnya dengan menu Paragraph
Caranya kurang lebih sama dengan cara mengatur spasi antar baris
1.Blok paragraph yang akan kita atur spasinya dengan paragraph sebelumnya, atau dengan paragraph sesudahnya.
2. Klik menu Line & Paragraph Spacing dan pilih opsi Add space before paragraph untuk memberi spasi dengan paragraph sebelumnya
Hasilnya Seperti ini :
3. Dan pilih opsi Add space after paragraph untuk memberi spasi dengan paragraph setelahnya.
Hasilnya seperti ini :
Gampang sekali bukan ?
Nah, begitulah cara mengatur spasi tulisan di Microsoft word, baik anda menggunakan Microsoft word 2010 atau menggunakan Microsoft word 2007 caranya seperti itu. Sampai sini dulu pembahasan kita kali ini.
No comments:
Write komentar